GIF-banner-2024

Festival Pesona Saronde – Mengintip Pesona Pariwisata & Budaya Gorontalo Utara

waktu baca 3 menit
Pulau Saronde, yang merupakan persembahan dari kekayaan alam Gorontalo, menjadi tuan rumah acara ini yang penuh keindahan dan keberagaman. foto: tangkapan layar instagram

Sulawesitoday- Setiap tahun, Gorontalo Utara menyelenggarakan Festival Pesona Saronde, sebuah acara yang berhasil menciptakan magnet untuk menarik wisatawan dari berbagai penjuru, baik lokal maupun internasional. Pulau Saronde, yang merupakan persembahan dari kekayaan alam Gorontalo, menjadi tuan rumah acara ini yang penuh keindahan dan keberagaman.

  • Pesona Alam Pulau Saronde

Pulau Saronde, meskipun sebagian besar tidak berpenghuni, menawarkan pesona alam yang murni dan eksotis. Pemandangan danau-danau kecil, benteng, pegunungan, dan laut lepas yang begitu jernih membentuk lanskap alam yang menakjubkan. Suguhan eksotis ini menjadi latar belakang ideal untuk kegiatan Festival Pesona Saronde.

Sebuah jembatan kayu membentang di atas air jernih, memungkinkan pengunjung bersantai sambil menikmati kehidupan bawah laut yang indah. Hamparan pasir putih yang melengkung di sepanjang pantai menambah kesan damai, terutama saat senja menyapa langit pantai dengan cahaya yang memukau.

Kegiatan Menarik Festival Pesona Saronde

  • Pemandangan Alam yang Luar Biasa:

Festival ini menjadi panggung bagi kapal pesiar dari berbagai negara, menciptakan atraksi tak terlupakan. Pengunjung dapat menikmati pesona alam, baik daratan maupun bawah laut, sepanjang acara.

  • Festival Kuliner:

Jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas Gorontalo yang dihadirkan selama festival. Semua sajian disiapkan dengan teliti, mencerminkan kekayaan rasa dan budaya kuliner lokal.

  • Pesta Kembang Api yang Memukau:

Puncak acara diakhiri dengan pertunjukkan kembang api yang menghiasi langit malam, menciptakan momen magis di tepi pantai. Suara deburan ombak bersamaan dengan ledakan kembang api menciptakan atmosfer yang mengesankan.

  • Spot Foto Eksotis:

Bagi para penggemar fotografi, Pulau Saronde adalah surga. Jembatan kayu, pasir putih, dan keindahan bawah laut menciptakan latar belakang yang menawan bagi setiap fotografer.

Kegiatan Menarik Selama Festival

  • Pemilihan Putera-Puteri Saronde:

Agenda utama festival, pemilihan duta pulau yang akan mempromosikan keindahan alam dan budaya.

  • Snorkeling:

Pengunjung dapat mengeksplorasi kekayaan terumbu karang Pulau Saronde melalui kegiatan snorkeling yang diadakan selama festival.

  • Perlombaan Voli Pantai:

Meriahkan festival dengan menyaksikan atau ikut berpartisipasi dalam perlombaan voli pantai di hamparan pasir putih yang luas.

  • Atraksi Seni Budaya:

Parade atraksi seni, termasuk tarian Saronde, membuka festival dengan nuansa budaya yang khas.

  • Perlombaan Katingting:

Balap perahu tradisional atau katingting di laut sekitar Pulau Saronde menjadi hiburan seru bagi pengunjung.

  • Ski Air:

Pengalaman ski air di atas laut lepas Pulau Saronde menambahkan keseruan festival.

  • Lokasi dan Waktu

Festival Pesona Saronde diadakan setiap tahun di Pulau Saronde, sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo. Pengunjung dapat mencapainya melalui jalur darat Kwandang dan perjalanan laut menggunakan perahu katingting selama sekitar satu jam.

Meskipun penyelenggaraan tahun 2020 terkendala oleh situasi global, pemerintah setempat berkomitmen untuk menyelenggarakan festival, dengan mematuhi protokol kesehatan. Pastikan untuk memeriksa informasi terkini sebelum merencanakan kunjungan Anda.

  • Fasilitas yang Tersedia

Panitia festival telah menyediakan fasilitas pendukung dan penunjang yang mencakup segala kebutuhan pengunjung. Mulai dari alat untuk kegiatan hingga fasilitas umum seperti toilet, warung, dan musholla, semuanya diatur dengan baik untuk kenyamanan semua peserta.

Kesimpulan

Festival Pesona Saronde tidak hanya menghadirkan keindahan alam Pulau Saronde, tetapi juga menggali kearifan lokal dan kekayaan budaya Gorontalo. Sebuah perayaan tahunan yang menawarkan pengalaman luar biasa dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kalender wisata Gorontalo Utara. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pesonanya yang memukau dan membangkitkan imajinasi setiap pengunjung.

Baca juga: Pulau Libuo, Keindahan Eksotis Gorontalo yang Tak Terlupakan

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *