Jalan Kaki di Sekitaran Candi Borobudur: 7 Destinasi Seru yang Wajib Dicoba

waktu baca 3 menit
Destinasi Sekitaran Borobudur yang Asyik Ditempuh dengan Jalan Kaki. Foto: tangkap layar Instagram

Sulawesitoday – Halo Sobat Sulawesitoday, pernahkah kamu terpikir untuk menjelajahi keindahan sekitaran Candi Borobudur dengan berjalan kaki?

Nah, jika ya, kamu beruntung! Karena ternyata ada tujuh destinasi menarik yang bisa kamu nikmati dengan santai, sambil merasakan pesona sekitar Borobudur. Mari kita simak!

Wisata sekitaran Candi Borobudur

  • Borobudur Land Wringin Putih

Langkah pertama kamu bisa mengarahkan kakimu ke Borobudur Land Wringin Putih. Hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur, kamu bisa mencapainya dalam 40 menit perjalanan dengan kecepatan santai. Tempat ini mengusung konsep wisata alam dan keluarga yang sangat instagramable. Kamu bisa menikmati spot-spot foto, wahana seru, dan bersantai di food court. Biaya tiket masuknya seharga Rp40.000,- per orang, tapi pengalaman yang kamu dapatkan pasti sebanding!

Selanjutnya, nikmati pesona Desa Wisata Karanganyar di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Desa ini dikenal sebagai sentra kerajinan gerabah terbaik di Indonesia. Sambil berjalan, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan gerabah dari tanah liat. Bahkan, ada kesempatan untuk mencoba membuat gerabah sendiri dengan bimbingan mentor yang ahli. Seru, bukan?

  • Patung Singa di Pertigaan Palbapang

Di pertigaan Palbapang, kamu akan menemui patung singa yang ikonik. Cocok untuk kamu yang suka berfoto-foto! Namun, tetap perhatikan keselamatan karena ada lalu lintas kendaraan. Patung Singa menjadi gerbang masuk kawasan Borobudur dan memberikan nuansa khas sekitar candi.

  • Svargabumi

Bagi Sobat Sulawesitoday yang masih bertenaga, ayo lanjut ke Svargabumi! Hanya satu kilometer dari Candi Borobudur, tempat ini menawarkan hamparan sawah hijau yang menyegarkan. Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp25.000,- untuk dewasa dan Rp15.000,- untuk anak, kamu bisa menikmati spot-spot foto yang instagramable. Svargabumi buka setiap hari dengan waktu operasional yang bisa kamu cek sebelum berkunjung.

  • Watu Putih Borobudur

Jarak 20-30 menit berjalan kaki dari Candi Borobudur, kamu akan sampai di Watu Putih. Di sini, batu putih dan ornamen Kepala Buddha menjadi daya tarik utama. Jam buka Watu Putih Borobudur berbeda setiap hari, jadi pastikan kamu datang pada waktu yang tepat. Biaya tiket masuknya terjangkau, sekitar Rp20.000 per orang.

  • Punthuk Setumbu

Siapa yang tidak kenal Punthuk Setumbu? Lokasi ini pernah menjadi latar syuting film AADC 2 dan sangat populer di kalangan wisatawan. Berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur, perjalanan menuju puncak membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit berjalan kaki. Meskipun melelahkan, panorama sunrise di puncak akan menghapus semua kelelahanmu. Pastikan cuaca sedang bagus untuk pengalaman yang tak terlupakan!

  • Desa Wisata Wringin Putih

Jangan lewatkan Desa Wisata Wringin Putih yang hanya 2,3 km dari Candi Borobudur. Desa ini menawarkan pemandangan pedesaan yang asri dengan latar belakang sawah dan Bukit Menoreh. Selain itu, ada banyak desa wisata lainnya seperti Wanurejo, Majaksingi, Tanjungsari, dan Candirejo yang dapat kamu eksplorasi dengan berjalan kaki.

Ternyata, banyak destinasi menarik di sekitaran Candi Borobudur yang dapat dinikmati dengan berjalan kaki. Selain menikmati keindahan alam dan budaya, kamu juga bisa tetap menjaga kebugaran tubuh. Jadi, ayo kunjungi destinasi ini dan nikmati pesona sekitar Candi Borobudur!

Baca juga: Petualangan wisata malam di Bukittinggi: Mengintip keindahan kota yang tak pernah tidur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *