GIF-banner-2024

Kapal perang terbaru Rusia, Admiral Golovko, Diperkuat rudal hipersonik zirkon

waktu baca 2 menit
Intip Spesifikasi Kapal Perang Admiral Golovko. FOTO: tangkap layar DAILY

Sulawesitoday – Pada akhir Desember 2023, Rusia memperkuat Armada Utara mereka dengan peluncuran kapal perang terbaru, Admiral Golovko. Kapal ini, yang dinamai sesuai dengan mantan komandan Angkatan Laut Uni Soviet, membawa sejumlah spesifikasi canggih yang membuatnya menjadi sorotan.

Menurut laporan dari EurAsian Times, Admiral Golovko, yang dulunya dikenal sebagai ‘Proyek 23350’, merupakan fregat multi peran yang menjadi yang ketiga dalam kelasnya. Dibuat di galangan Severnaya Verf, kapal ini dirancang untuk menjalankan misi operasi di zona laut jauh dan menawarkan sejumlah pembaruan signifikan dibandingkan pendahulunya.

Salah satu fitur unggulan dari Admiral Golovko adalah persenjataan yang luar biasa. Kapal ini dilengkapi dengan rudal hipersonik Zirkon yang mampu menyerang target laut dan darat dengan jangkauan lebih dari 1.000 km. Selain itu, fregat ini juga dilengkapi dengan sel VLS 3S14, memungkinkannya membawa berbagai jenis persenjataan, termasuk rudal anti pesawat, rudal anti kapal selam, dan sistem artileri.

Tidak hanya dalam hal persenjataan, Admiral Golovko juga menarik perhatian dengan kemampuan manuver yang superior dan perlengkapan canggih, termasuk sistem navigasi modern. Keberadaan kapal ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pertahanan Armada Utara Rusia di tengah meningkatnya ancaman dari NATO.

Dengan kehebatan dan spesifikasi yang dimilikinya, Admiral Golovko menjadi salah satu kapal perang terbesar dan paling canggih dalam armada modern Rusia. Diharapkan kapal ini dapat memainkan peran penting dalam menjaga keamanan wilayah Rusia di tengah dinamika geopolitik yang semakin kompleks.

Baca juga: Helikopter Apache AH-64 varian terbaru diluncurkan AS, Dibekali rudal canggih tembak 32 Km

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *