Lembah Araren, Wisata yang Menawarkan Pemandangan Unik dengan Aktivitas Pertambangan di Bitung

waktu baca 3 menit
saksi bisu aktivitas pertambangan PT. MSM/TTN yang Sulawesi Utara Destinasi ini juga memukau pengunjung dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, berpadu harmonis dengan Pantai Likupang yang memukau. Foto: tangkap layar instagram

Sulawesitoday- Lembah Araren di Bitung tidak hanya menjadi saksi bisu aktivitas pertambangan PT. MSM/TTN yang terkenal sebagai produsen emas ternama di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Destinasi ini juga memukau pengunjung dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, berpadu harmonis dengan Pantai Likupang yang memukau.

  • Pemandangan Unik Pertambangan:

Pertambangan emas yang menjadi andalan di Lembah Araren memperlihatkan potensi tambang Indonesia yang begitu besar. Meskipun pengunjung tidak diizinkan memasuki area pertambangan, namun melihatnya dari ketinggian bukit di sebelahnya memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pemandangan unik pertambangan dan aktivitas pekerja tambang bisa dinikmati dari gardu pandang yang dibangun khusus untuk para pengunjung.

  • Spot Foto yang Menawan:

Popularitas Lembah Araren sebagai tujuan wisata semakin meningkat, dengan warga setempat mendirikan beberapa spot foto menarik. Gardu pandang menjorok ke jurang menjadi salah satu spot favorit yang memungkinkan pengunjung melihat keindahan sekitar dengan jelas. Pemandangan pertambangan, gunung, dan bukit menjadi latar belakang yang memesona untuk diabadikan dalam foto.

Tidak hanya pemandangan tambang yang memukau, Lembah Araren juga memberikan panorama eksotis Pantai Likupang. Berbatasan langsung dengan pantai, pengunjung dapat menikmati keindahan perbukitan hijau yang kontras dengan lautan biru. Keindahan alam ini tidak hanya menjadi daya tarik bagi pecinta alam, tetapi juga menjadi objek foto yang menakjubkan.

  • Alamat dan Rute Menuju Lokasi:

Lembah Araren terletak di RT. 8 Lingkungan 2 Kelurahan Pinasungkulan, Ranowulu, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Dari pusat Kota Bitung, perjalanan menuju lokasi hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dengan akses jalan yang baik. Meskipun belum ada transportasi umum yang mencapai lokasi, area parkir yang luas telah disediakan untuk kenyamanan pengunjung.

  • Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional:

Untuk menikmati keindahan alam Lembah Araren, pengunjung dikenai tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang, sementara retribusi parkir untuk sepeda motor Rp. 5.000 dan mobil Rp. 10.000. Harga tiket dan retribusi parkir dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga disarankan membawa uang lebih. Wisata ini buka mulai pukul 09.00 pagi hingga 20.00 malam waktu setempat.

  • Kegiatan Menarik:

Menyaksikan Indahnya Tambang Emas: Pemandangan tambang emas Lembah Araren sangat indah, terutama saat senja. Lampu-lampu yang menerangi area pertambangan pada malam hari memberikan pesona tersendiri.

Berfoto Ria di Lembah Araren: Spot-spot foto yang disiapkan pengelola menjadi daya tarik tersendiri. Gardu pandang dan jembatan kayu di tepi jurang menjadi tempat favorit para pengunjung berfoto.

Wisata Kuliner: Sambil menikmati keindahan alam, pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner yang dijual oleh pedagang di sekitar area wisata.

Berkunjung ke Pantai Likupang: Setelah puas menikmati Lembah Araren, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Pantai Likupang yang hanya berjarak singkat.

  • Fasilitas Wisata:

Lembah Araren menyediakan fasilitas yang memadai, termasuk area parkir luas, spot foto, gazebo, tempat duduk, dan area cuci tangan. Para pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner yang dijual di sekitar lokasi.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menambahkan Lembah Araren ke dalam daftar destinasi liburan Anda. Dengan keunikan pemandangan pertambangan dan keindahan alam sekitarnya, destinasi ini akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan di kota Bitung, Sulawesi Utara.

Baca juga: 9 Wisata Pantai di Sulawesi Utara yang Paling Hits: Menikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *