Menjelajahi Keindahan Wisata Mangrove Sonsilo di Minahasa Utara

waktu baca 3 menit
Ditemani oleh jembatan kayu yang melintasi hutan bakau, serta dikelilingi oleh balon beraneka warna, perjalanan ini tak hanya mengajak Anda menjelajahi keindahan alam, tetapi juga menyelami keunikan budaya setempat. Foto: Dinas pariwisata kabupaten minahasa utara

Sulawesitoday- Menapaki kawasan Wisata Mangrove Sonsilo di Minahasa Utara, Anda akan dihadapkan pada pengalaman luar biasa. Ditemani oleh jembatan kayu yang melintasi hutan bakau, serta dikelilingi oleh balon beraneka warna, perjalanan ini tak hanya mengajak Anda menjelajahi keindahan alam, tetapi juga menyelami keunikan budaya setempat.

Hutan bakau, yang disebut sebagai paru-paru laut, memainkan peran vital dalam menjaga kelestarian pesisir pantai. Namun, di Minahasa Utara, hutan bakau menjadi lebih dari sekadar pelindung; ia menjadi destinasi wisata yang menakjubkan. Wisata Mangrove Sonsilo, yang terletak di Desa Sonsilo, Sulawesi Utara, adalah salah satu tempat yang penuh keajaiban ini.

  • Luas 50 Hektar Penuh Keunikan

Dengan luas mencapai 50 hektar, hutan bakau Sonsilo membawa Anda ke dalam petualangan yang memukau. Proses pembangunan dimulai pada tahun 2018, dengan pembangunan jembatan kayu sepanjang 1125 meter. Dana dari APBD desa turut mendukung proyek ini. Setelah perombakan dan pembangunan, Wisata Mangrove Sonsilo dibuka pada 24 Januari 2020, dengan cepat menarik 3.200 wisatawan dalam dua bulan pertama.

  • Keindahan Alam yang Tak Tertandingi

Berjalan di atas jembatan yang melintasi hutan bakau, pengunjung akan merasakan keajaiban alam yang luar biasa. Pemandangan lautan yang memukau dan suasana eksotis akan menghipnotis setiap mata yang melihat. Jembatan yang didekorasi dengan balon berwarna-warni dan mural menambahkan sentuhan meriah dan menyenangkan. Tempat ini tetap asri dan alami, memberikan pengalaman istimewa bagi setiap pengunjung.

Topik terkait
  • Bersih, Terawat, dan CHSE Terpenuhi

Meskipun sempat ditutup akibat pandemi COVID-19, kawasan ini kini sudah kembali dapat dikunjungi. Kebersihan dan pemeliharaan yang baik memberikan daya tarik tersendiri. Standar protokol CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment) diterapkan sejak pintu masuk, memberikan rasa aman bagi setiap pengunjung.

  • Informasi Penting: Alamat, Lokasi, dan Tiket Masuk

Wisata Mangrove Sonsilo terletak di Desa Sonsilo, Likupang Barat, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Dari Bandara Sam Ratulangi Manado, perjalanan sekitar 40 km dapat ditempuh dengan transportasi umum atau daring. Tiket masuknya terjangkau, hanya Rp 5000 per orang. Selain itu, pengunjung dapat menyewa koran, alat pancing, dan payung dengan biaya yang terjangkau.

  • Berbagai Aktivitas Menarik untuk Dinikmati

Jalan Menyusuri Hutan Bakau: Nikmati keindahan alam dengan berjalan di atas jembatan 200 meter yang melintasi hutan bakau. Balon warna-warni dan suasana yang bersih menjadikan pengalaman ini tak terlupakan.

Memancing di Wisata Mangrove Sonsilo: Bagi penggemar memancing, aktivitas ini bisa dinikmati dengan menyewa alat pancing dari pengelola. Biayanya terjangkau, dan pengalaman memancing di tengah hutan bakau menjadi tak terlupakan.

Mengambil Gambar: Para fotografer akan menemukan surga mereka di Wisata Mangrove Sonsilo. Abadikan keindahan alam dan momen bersama teman atau keluarga di tengah keindahan hutan bakau.

Naik Perahu: Menyewa perahu untuk menjelajahi kawasan hutan bakau seluas 50 hektar adalah pengalaman seru yang bisa dinikmati dengan biaya yang terjangkau.

  • Fasilitas Penunjang yang Memuaskan

Kawasan ini memberikan kesan kebersihan yang sangat terawat. Saat memasuki wisata, pengunjung diminta untuk mencuci tangan, dan payung tersedia untuk disewa jika cuaca tidak bersahabat. Jika lapar, pengunjung dapat membeli pop mie atau pisang goreng, sementara kopi hitam dan kopi susu menjadi pilihan untuk menyegarkan diri.

  • Kesimpulan: Surga Tersembunyi di Minahasa Utara

Wisata Mangrove Sonsilo bukan sekadar destinasi wisata; ia adalah pintu gerbang menuju keindahan dan keunikan alam Sulawesi Utara. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi hutan bakau yang memukau dan merasakan pesonanya yang tak tertandingi. Ajak teman atau keluarga, abadikan momen indah, dan rasakan keajaiban alam Wisata Mangrove Sonsilo yang mempesona.

Baca juga: Lembah Araren, Wisata yang Menawarkan Pemandangan Unik dengan Aktivitas Pertambangan di Bitung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *