Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino 2024 Disetujui Hingga Juni, Menko Airlangga Ungkap Jadwal Penyaluran

waktu baca 2 menit
program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino hingga Juni 2024. Foto: tangkap layar instagram

Sulawesitoday – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengumumkan bahwa pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino hingga Juni 2024.

Keputusan ini disampaikan langsung oleh Menko Airlangga saat menghadiri kegiatan penyaluran bantuan pangan di Kelurahan Serangan, Denpasar, Bali, Sabtu 13 Januari 2024.

Menurut Airlangga, rencana perpanjangan BLT El Nino telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini, pemerintah tengah merancang aturan teknis terkait pelaksanaan lanjutan program ini.

“Alhamdulillah Bapak Presiden setuju untuk dilanjutkan sampai bulan Juni 2024. Teknisnya sedang kami bahas lagi,” ucapnya seperti yang dikutip dalam keterangan resmi pada Minggu (14/1/2024).

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga mengumumkan bahwa pemerintah akan melanjutkan penyaluran bantuan pangan berupa beras.

Bantuan ini diarahkan untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang rentan terhadap kenaikan harga pangan.

Selain berfungsi sebagai langkah kemanusiaan untuk meringankan beban masyarakat, bantuan ini juga diharapkan dapat membantu mengatasi kenaikan tingkat kemiskinan.

Airlangga menjelaskan bahwa penyaluran bantuan pangan juga berkontribusi dalam menekan kenaikan harga beras secara nasional.

Data menunjukkan penurunan inflasi beras dari 5,61% pada September 2023 menjadi 0,48% pada Desember 2023.

Untuk tahun 2024, alokasi bantuan pangan beras direncanakan akan disalurkan kepada 22 juta penerima bantuan pangan (PBP), dengan setiap penerima menerima 10 kg beras setiap bulannya.

Topik terkait

Baca juga: Bagaimana Cara Mudah Mengurus BPJS Ketenagakerjaan? Cari di sini jawabannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *