Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus Semua

waktu baca 9 menit
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus Semua - Jika Anda adalah pengguna WhatsApp aktif, Anda mungkin memiliki beberapa pesan penting dan media di dalam aplikasi tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk membackup chat WhatsApp Anda secara berkala agar percakapan dan media tersebut tidak hilang begitu saja.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus Semua – Jika Anda adalah pengguna WhatsApp aktif, Anda mungkin memiliki beberapa pesan penting dan media di dalam aplikasi tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk membackup chat WhatsApp Anda secara berkala agar percakapan dan media tersebut tidak hilang begitu saja.

Namun, terkadang kita lupa untuk melakukan backup dan percakapan penting pun terhapus sebelum disimpan. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus sebelum di-backup.

Mengapa Backup WhatsApp Sangat Penting?

Sebelum membahas cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa backup WhatsApp sangat penting. Dengan melakukan backup, Anda dapat menyimpan seluruh riwayat chat, foto, dan video yang ada di dalam aplikasi WhatsApp.

Ketika terjadi masalah seperti kehilangan data atau penghapusan pesan secara tidak sengaja, Anda dapat dengan mudah mengembalikan semua percakapan tersebut dengan menggunakan fitur backup WhatsApp.

Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Lama dengan Mudah dan Cepat Melalui Google Drive

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana chat WhatsApp penting yang tersimpan di ponsel Anda tiba-tiba hilang? Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti kerusakan ponsel atau secara tidak sengaja menghapus chat tersebut. Jangan khawatir, Anda dapat mengembalikan chat WA yang terhapus lama dengan mudah dan cepat melalui Google Drive. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan akun Google Drive terhubung dengan WhatsApp. Sebelum memulai proses pengembalian chat, pastikan terlebih dahulu bahwa akun Google Drive Anda terhubung dengan WhatsApp. Cara untuk memeriksa hal ini adalah dengan membuka WhatsApp, lalu pilih opsi Settings atau Pengaturan. Kemudian pilih opsi Chats atau Obrolan, dan pilih Chat Backup atau Cadangan Obrolan. Pastikan bahwa opsi Google Drive terpilih dan akun Google Anda sudah terhubung.
  1. Uninstall WhatsApp dan install ulang. Setelah memastikan bahwa akun Google Drive terhubung dengan WhatsApp, selanjutnya adalah uninstall aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel Anda. Setelah itu, install kembali aplikasi WhatsApp dari Play Store dan lakukan verifikasi nomor telepon seperti biasa.
  1. Restore chat WhatsApp dari Google Drive. Setelah selesai menginstall ulang aplikasi WhatsApp, akan muncul notifikasi untuk melakukan restore chat dari Google Drive. Pilih opsi Restore untuk memulai proses pengembalian chat. Tunggu beberapa saat hingga proses restore selesai.
  1. Masukkan nama dan tunggu hingga selesai. Setelah selesai melakukan restore chat, masukkan nama Anda untuk mengatur pengaturan WhatsApp Anda. Tunggu beberapa saat hingga proses pengaturan selesai. Sekarang, Anda sudah dapat mengakses kembali chat WhatsApp yang terhapus lama dengan mudah dan cepat. Dalam beberapa kasus, proses pengembalian chat WA mungkin memerlukan waktu yang cukup lama tergantung pada jumlah chat yang harus di-restore. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama dengan sukses.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus Lama dengan Backup Lokal

Apakah Anda pernah kehilangan chat WhatsApp yang penting karena berbagai alasan seperti ponsel hilang atau rusak? Jangan khawatir, Anda dapat mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dengan menggunakan backup lokal. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama dengan backup lokal.

  • Menggunakan Backup Lokal. Cara paling mudah untuk mengembalikan chat ke ponsel baru adalah dengan menggunakan backup Google Drive. Namun, jika Anda ingin menggunakan backup lokal, Anda perlu mentransfer semua file ke ponsel yang baru menggunakan komputer, file explorer, atau kartu SD. Jika data Anda tidak tersimpan dalam folder /sdcard/WhatsApp/, kemungkinan Anda dapat menemukannya dalam folder “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”. Ponsel Anda akan menyimpan file-file backup lokal dalam tujuh hari terakhir. Google Drive hanya akan menyimpan backup yang terbaru. Jika Anda ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Unduh Aplikasi File Manajer. Pertama, unduh aplikasi file manajer di ponsel Anda. Anda dapat menggunakan ES File Explorer, Astro File Manager, atau aplikasi serupa yang dapat Anda temukan di Play Store.
  • Buka Folder Databases. Buka aplikasi file manajer yang sudah diunduh. Selanjutnya, buka sdcard/WhatsApp/Databases. Jika data tidak tersimpan dalam kartu SD, Anda mungkin akan menemukannya dalam “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”, bukan dalam kartu SD.
  • Ganti Nama File Cadangan. Temukan file cadangan yang ingin Anda pulihkan. File backup biasanya dinamai msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12, dengan TTTT-BB-DD adalah tanggal file backup dibuat. Ganti nama file cadangan tersebut menjadi msgstore.db.crypt12. Sangat mungkin bahwa cadangan yang lebih lama berada pada protokol yang lebih lama, seperti crypt9 atau crypt10. Namun, jangan mengubah nomor ekstensi crypt.
  • Hapus dan Install Ulang WhatsApp. Setelah Anda mengubah nama file cadangan, hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda. Kemudian, unduh dan instal ulang aplikasi WhatsApp dari Play Store.
  • Pilih Restore. Setelah aplikasi WhatsApp terinstal, buka aplikasi tersebut dan pilih “Restore” ketika diminta. WhatsApp akan mengambil file backup lokal yang baru saja Anda pilih dan mengembalikan chat yang telah terhapus.

Cara Backup WhatsApp dari Android ke iPhone: Panduan Lengkap

Jika Anda adalah pengguna Android yang ingin beralih ke iPhone, Anda mungkin merasa khawatir tentang cara mengembalikan chat WhatsApp Anda. Sayangnya, backup chat WhatsApp pada Android dan iPhone dilakukan dengan cara yang berbeda, sehingga memindahkan chat dari Android ke iPhone bisa menjadi sedikit rumit. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara backup WhatsApp dari Android ke iPhone.

  • Gunakan Aplikasi WhatsApp Bawaan. Cara termudah untuk backup chat WhatsApp dari Android ke iPhone adalah dengan menggunakan fitur backup bawaan aplikasi WhatsApp di Android. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Android Anda
  2. Ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar dan pilih “Pengaturan”
  3. Pilih “Chat” dan kemudian “Backup chat”
  4. Pilih “Cadangkan ke Google Drive” dan pilih frekuensi backup yang diinginkan (setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali)
  5. Masukkan akun Google Anda dan izinkan WhatsApp untuk mengakses Google Drive Anda
  6. Ketuk “Cadangkan sekarang” untuk memulai backup
  7. Setelah backup selesai, Anda dapat memulihkan chat WhatsApp Anda di iPhone dengan mudah.
  • Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga. Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur backup bawaan WhatsApp di Android, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda memindahkan chat WhatsApp dari Android ke iPhone. Beberapa aplikasi ini termasuk,¬†WazzapMigrator dan iCareFone for WhatsApp Transfer. Aplikasi ini memungkinkan Anda memindahkan chat WhatsApp dari Android ke iPhone dengan mudah. Namun, aplikasi pihak ketiga biasanya tidak gratis dan dapat memakan waktu lebih lama daripada menggunakan fitur backup bawaan WhatsApp.
  • Masukkan Nomor Telepon yang Sama di iPhone. Cara lain untuk memindahkan chat WhatsApp dari Android ke iPhone adalah dengan memasukkan nomor telepon yang sama di iPhone seperti yang Anda gunakan di Android. Namun, Anda perlu ingat bahwa Anda tidak dapat menggunakan nomor telepon yang sama di dua perangkat secara bersamaan, jadi pastikan untuk menghapus nomor telepon WhatsApp Anda dari HP Android sebelum memasukkannya ke iPhone. Setelah memasukkan nomor telepon yang sama di iPhone, unduh aplikasi WhatsApp dan ikuti petunjuk untuk memulihkan chat WhatsApp Anda dari backup.

Cara Mudah Backup Chat WhatsApp dan Mengembalikan Chat yang Terhapus

Apakah Anda tahu cara backup chat WhatsApp? Penting untuk mengamankan semua pesan penting Anda, terutama jika Anda harus menghapus WhatsApp dari ponsel Anda. Di artikel ini, kami akan membahas cara backup chat WhatsApp dengan mudah dan cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama.

  1. Mengaktifkan Fitur Backup pada WhatsApp. Sebelum Anda mencoba mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur backup pada WhatsApp. Fitur ini dapat melakukan backup chat WA secara otomatis ke memori ponsel setiap hari. Namun, pastikan pengaturan Anda telah disesuaikan, sehingga backup chat WA dapat dilakukan ke Google Drive. Dengan melakukan backup chat WhatsApp ini, jika Anda harus menghapus WhatsApp dari ponsel, pesan Anda tetap aman. Pastikan untuk melakukan backup semua chat sebelum menghapus aplikasi.
  1. Menggunakan Google Drive untuk Backup Chat WhatsApp. Google Drive merupakan cara terbaik untuk melakukan backup chat WhatsApp Anda. Anda dapat dengan mudah beralih dari ponsel Android ke ponsel Android lainnya, dan dapat mengambil pesan dan media dengan mudah. Ini juga merupakan asuransi tambahan jika WhatsApp mengalami kerusakan suatu hari nanti, dan Anda harus menghapus dan menginstal ulang WhatsApp. Setelahnya, cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama akan berguna bagi Anda.

Cara Backup Chat WA ke Google Drive

Berikut ini adalah cara backup chat WhatsApp ke Google Drive:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dari layar beranda atau laci aplikasi ponsel Android Anda.
  2. Pilih ikon menu yang ada pada kanan atas layar. Ikon menu ini berupa tiga titik vertikal.
  3. Pilih Settings.
  4. Kemudian pilih Chats.
  5. Selanjutnya pilih Chat backup.
  6. Pilih Back up to Google Drive untuk memilih frekuensi backup chat (kami memilih harian/daily untuk contoh ini).
  7. Kemudian pilih akun Google tempat backup chat akan disimpan.
  8. Pilih Allow.
  9. Selanjutnya pilih Include videos jika Anda ingin melakukan backup video.
  10. Pilih Backup untuk memulai backup chat WhatsApp pertama Anda.
  11. Setelah backup pertama selesai, Anda dapat menerapkan cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama setiap kali Anda menginstal ulang WhatsApp, pada perangkat apa pun selama menggunakan Android. Perhatikan bahwa setiap kali Anda melakukan backup ke Google Drive, WhatsApp juga melakukan backup ke memori internal ponsel Anda, sehingga membutuhkan ruang memori. Jika perlu, Anda dapat menggunakan aplikasi pengelola file seperti ES File Explorer untuk memberi ruang memori.

Pastikan baterai ponsel Anda penuh saat membuat backup chat WhatsApp, karena backup pertama bisa memakan waktu cukup lama, tergantung pada ukuran percakapan Anda. Setiap backup yang Anda lakukan setelah yang pertama akan bersifat inkremental, yang artinya backup hanya menambahkan pesan baru. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghapus semua backup lama dan memulai kembali, sehingga menghemat ruang memori pada ponsel Anda.

Penyebab Gagal Backup Chat WhatsApp

Sebelum membahas cara mengatasi gagal backup chat WhatsApp, mari kita kenali terlebih dahulu penyebabnya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab gagal mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus:

  1. Tidak Terhubung ke Akun Google yang Sama. Pertama, pastikan bahwa Anda terhubung ke akun Google yang sama dengan yang digunakan untuk membuat backup chat WhatsApp. Jika tidak, maka backup chat WhatsApp tidak akan berhasil dikembalikan.
  1. Tidak Menggunakan Nomor Telepon yang Sama. Kedua, pastikan bahwa nomor telepon yang Anda gunakan untuk mengembalikan chat WhatsApp sama dengan nomor yang digunakan untuk membuat backup chat WhatsApp. Jika nomor telepon tidak sama, maka chat WhatsApp tidak akan berhasil dikembalikan.
  1. Kartu SD atau Riwayat Percakapan Rusak. Ketiga, masalah bisa terjadi pada kartu SD atau riwayat percakapan yang rusak. Hal ini bisa menyebabkan backup chat WhatsApp tidak berhasil dikembalikan.
  1. Tidak Ada File Backup pada Akun Google Drive atau Backup Lokal. Terakhir, pastikan bahwa file backup chat WhatsApp tersedia pada akun Google Drive atau backup lokal pada memori telepon Anda. Jika tidak, maka chat WhatsApp tidak akan berhasil dikembalikan.

Baca juga lainnya: Cara Menyematkan Aplikasi di HP Samsung, Cek Infonya di Sini

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus Semua - Jika Anda adalah pengguna WhatsApp aktif, Anda mungkin memiliki beberapa pesan penting dan media di dalam aplikasi tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk membackup chat WhatsApp Anda secara berkala agar percakapan dan media tersebut tidak hilang begitu saja.
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus Semua – Jika Anda adalah pengguna WhatsApp aktif, Anda mungkin memiliki beberapa pesan penting dan media di dalam aplikasi tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk membackup chat WhatsApp Anda secara berkala agar percakapan dan media tersebut tidak hilang begitu saja.
Website | + posts

Penulis tips trik
Selamat datang di profil penulis kami di Sulawesi Today! Di sini, Anda akan menjumpai Afif Ione, lulusan dari salah satu universitas ternama, seorang penulis berbakat yang ahli dalam menyajikan tips dan trik, serta life hacks yang tak ternilai harganya.
Dengan pena yang piawai, penulis kami membawa Anda dalam petualangan menarik untuk menggali pengetahuan yang praktis dan bermanfaat. Dengan pandai menyusun kata-kata, mereka mengubah konsep-konsep rumit menjadi panduan sederhana yang dapat diikuti oleh siapa pun.
Keahlian penulis kami terletak pada kemampuan mereka untuk merangkai ide-ide segar menjadi tulisan yang memikat, sehingga setiap artikel mereka terasa seperti kopi yang menyegarkan bagi pikiran Anda. Mereka menggali pemahaman mendalam tentang berbagai topik yang relevan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kecantikan, kesehatan, hubungan, produktivitas, hingga kehidupan digital.
Selain itu, penulis kami juga memiliki naluri penelitian yang tajam. Mereka selalu memastikan informasi yang mereka sajikan terkini, akurat, dan didukung oleh sumber yang terpercaya. Anda dapat mempercayai setiap kata yang mereka tulis, karena kejujuran dan integritas merupakan prinsip utama yang mereka pegang teguh.
Melalui gaya penulisan yang menggugah imajinasi, penulis kami memahami kebutuhan dan harapan pembaca. Mereka mampu menyampaikan tips dan trik dengan gaya yang mudah dipahami, tak jarang dengan sentuhan kreativitas yang menghibur. Setiap kali Anda membaca tulisan mereka, Anda akan merasa terinspirasi, diberdayakan, dan mampu menghadapi tantangan hidup dengan lebih percaya diri.
Jadi, apakah Anda siap merasakan pengalaman menakjubkan dengan membaca karya-karya penulis berbakat kami di Sulawesi Today? Mari bergabunglah dengan kami dan mari kita jelajahi dunia tips dan trik yang menarik serta life hacks yang akan membawa kehidupan Anda ke tingkat berikutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *