Kuota Calon Jamaah Haji 2024 di Kabupaten Parigi Moutong Mencapai 132 Orang

waktu baca 2 menit
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Parimo, Subhan. Foto: Aswadin.

Sulawesitoday – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) telah menetapkan kuota Calon Jamaah Haji (CJH) reguler sebanyak 132 orang untuk tahun 2024.

Rincian kuota tersebut mencakup 128 orang untuk CJH reguler dan 4 orang untuk lansia.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Parimo, Subhan, mengungkapkan proses pelunasan biaya haji tahun ini memiliki perbedaan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

CJH diharuskan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum melunasi biaya haji ke Bank.

“Dibandingkan tahun sebelumnya, terdapat perubahan dalam proses pelunasan biaya haji. Saat ini, calon jamaah harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum melunasi biaya haji di Bank,” jelas Subhan saat ditemui, Senin 15 Januari 2024.

Subhan menyebut sekitar 60 orang CJH di daerah tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan, walaupun beberapa masih dalam tahap proses pemeriksaan.

Pemeriksaan kesehatan menjadi syarat utama bagi para calon jamaah haji, dan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk memastikan pelayanan yang baik.

“Pengawasan terhadap pemeriksaan kesehatan ini juga dilakukan oleh tim kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dengan harapan dapat mengatasi kendala-kendala yang mungkin muncul di masing-masing daerah,” ucapnya.

Dalam konteks pelunasan biaya, Subhan menegaskan tahap awal pembayaran bagi calon jamaah haji reguler berakhir pada tanggal 12 Februari 2024. Tes kesehatan menjadi salah satu syarat pelunasan biaya haji tersebut.

Terkait dengan jumlah CJH, Subhan menyampaikan bahwa tahun ini terjadi peningkatan jumlah, mencapai 132 orang dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 117 orang.

Topik terkait

Subhan mengingatkan bahwa perjalanan ke tanah suci adalah perjalanan beribadah yang membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang optimal.

“Dengan adanya peningkatan ini, diharapkan seluruh proses persiapan dan pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar dan memberikan pengalaman spiritual yang berharga bagi para calon jamaah haji,” tutupnya.

Baca juga:Ekspor Perdana Durian Parigi Moutong ke Thailand: Potensi 300 ribu ton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *