GIF-banner-2024

3 Cara verifikasi facebook lewat HP terbaru 2023

waktu baca 12 menit
3 Cara verifikasi facebook lewat HP terbaru 2023Facebook tetap menjadi salah satu media sosial terbesar dan paling populer di seluruh dunia. Bagi banyak orang, memiliki akun Facebook adalah cara untuk terhubung dengan teman-teman, keluarga, dan bahkan memanfaatkannya untuk tujuan bisnis. Namun, demi keamanan dan integritas platform, Facebook terus mengembangkan prosedur verifikasi akun.

3 Cara verifikasi facebook lewat HP terbaru 2023

Facebook tetap menjadi salah satu media sosial terbesar dan paling populer di seluruh dunia. Bagi banyak orang, memiliki akun Facebook adalah cara untuk terhubung dengan teman-teman, keluarga, dan bahkan memanfaatkannya untuk tujuan bisnis. Namun, demi keamanan dan integritas platform, Facebook terus mengembangkan prosedur verifikasi akun.

Artikel cara verifikasi facebook lewat HP terbaru 2023 ini akan membahas secara rinci cara verifikasi akun Facebook melalui ponsel pada tahun 2023. Proses ini penting untuk memastikan bahwa akun Anda aman dan Anda tetap memiliki akses penuh ke fitur-fitur yang disediakan oleh platform ini.

Cara aktifkan otentikasi dua langkah Facebook dengan nomor telepon

3 Cara verifikasi facebook lewat HP terbaru 2023

Terkadang, menjaga akun Facebook Anda tetap aman adalah langkah yang sangat penting. Salah satu cara yang efektif untuk melakukannya adalah dengan mengaktifkan otentikasi dua langkah (TFA) menggunakan nomor telepon Anda. TFA adalah lapisan tambahan keamanan yang memastikan hanya Anda yang dapat mengakses akun Anda. Mari kita jelaskan langkah-langkahnya dengan lebih rinci:

  • Buka Aplikasi Facebook di Ponsel Anda: Pertama-tama, pastikan Anda membuka aplikasi Facebook di ponsel Anda. Ini adalah titik awal untuk mengakses pengaturan keamanan.
  • Akses Menu Pengaturan: Di pojok kanan atas layar, Anda akan melihat tiga garis horizontal yang membuka menu utama. Klik di sana. (Menu ini terletak di bawah ikon Messenger).
  • Pilih “Settings & Privacy”: Setelah Anda membuka menu utama, Anda akan melihat berbagai opsi. Gulir ke bawah dan temukan “Settings & Privacy”, lalu ketuk “Settings”.
  • Beralih ke Bagian Keamanan: Sekarang, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan utama Anda. Cari bagian yang disebut “Security” dan ketuk opsi “Security and Login”.
  • Aktifkan Otentikasi Dua Langkah: Di dalam menu “Security and Login”, Anda akan menemukan opsi yang disebut “Two-Factor Authentication”. Pilih opsi ini untuk mengaktifkan TFA.
  • Pilih Metode Keamanan: Setelah Anda memilih TFA, Anda akan diminta untuk memilih metode keamanan. Di sini, pilih opsi “Text Message (SMS)”.
  • Masukkan Nomor Telepon: Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang ingin Anda gunakan untuk menerima kode otentikasi. Setelah Anda memasukkan nomor telepon, ketuk “continue”.
  • Verifikasi Kode: Facebook akan mengirimkan kode enam digit ke nomor telepon yang Anda pilih. Masukkan kode ini dengan tepat, lalu ketuk “continue”.
  • Konfirmasi dengan Password: Terakhir, untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik akun, masukkan password Facebook Anda.

Sekarang, otentikasi dua langkah dengan nomor telepon Anda telah diaktifkan! Dengan cara ini, akun Facebook Anda akan lebih aman dari upaya masuk yang tidak sah. Jadi, jangan lupa untuk merawat keamanan akun media sosial Anda dan tetap berada di jalur yang aman di dunia daring yang penuh tantangan ini.

Cara aktifkan otentikasi dua faktor Facebook dengan aplikasi pihak ketiga

Mengaktifkan otentikasi dua faktor (TFA) pada akun Facebook dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Duo Mobile atau Google Authenticator adalah langkah penting dalam meningkatkan keamanan akun Anda. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara rinci untuk memastikan Anda dapat melakukannya dengan mudah.

  • Unduh Aplikasi Otentikasi. Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki aplikasi otentikasi yang sesuai diinstal di ponsel Anda. Anda dapat mengunduh Duo Mobile dari Android atau iOS, atau Google Authenticator dari Android atau iOS.
  • Buka Aplikasi Facebook. Selanjutnya, buka aplikasi Facebook di ponsel Anda.
  • Akses Pengaturan Keamanan. Ketuk ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas layar (biasanya di bawah ikon Messenger) untuk membuka menu utama. Dari sana, pilih opsi “Settings & Privacy”, lalu ketuk “Settings”.
  • Masuk ke Bagian Keamanan. Setelah Anda masuk ke pengaturan utama, gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian yang disebut “Security”. Ketuk opsi “Security and Login”.
  • Aktifkan Otentikasi Dua Faktor. Di dalam “Security and Login”, Anda akan menemukan opsi “Two-Factor Authentication”. Pilih opsi ini untuk mengaktifkan TFA.
  • Pilih Metode Keamanan. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih metode keamanan. Klik pada opsi “Authentication App”.
  • Dapatkan Kode QR atau Kode Otentikasi Konvensional. Setelah Anda memilih metode “Authentication App”, Facebook akan menampilkan kode QR atau kode otentikasi konvensional.
  • Gunakan Aplikasi Otentikasi Anda. Buka aplikasi Duo Mobile atau Google Authenticator di ponsel Anda. Di dalam aplikasi ini, Anda akan melihat opsi untuk menambahkan akun baru. Pilih opsi ini dan gunakan kamera ponsel Anda untuk membaca kode QR yang ditampilkan oleh Facebook atau masukkan kode otentikasi konvensional yang muncul pada layar Facebook.

Sekarang, otentikasi dua faktor dengan aplikasi pihak ketiga telah diaktifkan untuk akun Facebook Anda. Dengan tambahan lapisan keamanan ini, Anda akan lebih terlindungi dari upaya masuk yang tidak sah ke akun Anda. Pastikan untuk menjaga aplikasi otentikasi Anda tetap aman dan akses kode otentikasi hanya untuk diri Anda sendiri. Keamanan akun media sosial Anda adalah kunci untuk menjaga privasi dan data pribadi Anda tetap terlindungi.

Cara Meminta Kode Konfirmasi Facebook Tapi Nomor Sudah Tidak Aktif

3 Cara verifikasi facebook lewat HP terbaru 2023

Pernahkah Anda menemui masalah saat mencoba masuk ke akun Facebook Anda karena nomor telepon yang terdaftar sudah tidak aktif? Situasi ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi jangan khawatir, ada cara untuk meminta kode konfirmasi Facebook walaupun nomor telepon Anda sudah tidak berlaku. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara lengkap agar Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah.

  1. Mengganti Nomor Lama dengan Nomor Baru

Langkah pertama dalam meminta kode konfirmasi Facebook tanpa nomor telepon yang aktif adalah dengan mengganti nomor telepon yang sudah tidak berlaku dengan nomor yang baru. Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

  • Buka Aplikasi Facebook atau Kunjungi Situs Resmi Facebook. Mulailah dengan membuka aplikasi Facebook di perangkat Anda atau kunjungi situs web resmi Facebook melalui peramban perangkat Anda.
  • Masuk ke Akun Facebook Anda. Gunakan alamat email dan kata sandi Anda untuk masuk ke akun Facebook Anda seperti biasa.
  • Minta Cara Lain untuk Otentikasi. Setelah Anda mencoba memasukkan kode verifikasi melalui SMS (yang tidak mungkin berhasil karena nomor telepon sudah tidak aktif), Anda akan melihat pilihan “Need Another Way to Authenticate?” (Perlu Cara Lain untuk Otentikasi?). Klik pada opsi ini.
  • Dapatkan Bantuan Tambahan. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman bantuan. Di sini, klik pada opsi “Get More Help” (Dapatkan Bantuan Tambahan) untuk mencari metode alternatif untuk mengakses akun Anda.
  • Masukkan Email dan ID yang Diperlukan. Facebook akan meminta Anda untuk memasukkan alamat email yang terkait dengan akun Anda dan beberapa informasi tambahan yang mungkin diperlukan untuk memverifikasi identitas Anda.
  • Periksa Email Anda. Setelah Anda mengirimkan informasi yang diperlukan, buka kotak masuk email yang Anda gunakan untuk akun Facebook Anda. Cek apakah Anda telah menerima pesan baru dari Facebook yang berisi langkah-langkah selanjutnya untuk membantu Anda mengakses akun Anda.
  • Ganti Nomor Telepon Lama dengan Nomor Baru. Setelah Anda mengikuti instruksi dari pesan email Facebook, Anda akan memiliki opsi untuk mengganti nomor telepon lama yang tidak aktif dengan nomor telepon yang baru.
  • Dapatkan Kode Konfirmasi dengan Nomor Baru. Setelah Anda berhasil mengganti nomor telepon, Anda akan menerima kode konfirmasi Facebook melalui nomor telepon yang baru. Gunakan kode ini untuk masuk ke akun Anda.

Selamat, Anda telah berhasil meminta kode konfirmasi Facebook walaupun nomor telepon Anda sudah tidak aktif. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi kendala ini dengan mudah dan melindungi keamanan akun Facebook Anda. Ingatlah untuk selalu merawat keamanan akun media sosial Anda agar tetap aman dari potensi ancaman daring.

  1. Menggunakan Opsi Lupa Kata Sandi

Cara lain untuk meminta kode konfirmasi Facebook saat nomor telepon Anda sudah tidak aktif adalah dengan memanfaatkan opsi “Lupa Kata Sandi.” Metode ini memungkinkan Anda untuk mereset kata sandi akun Anda dan mendapatkan akses kembali. Inilah panduan langkah demi langkahnya:

  • Login ke Akun Facebook Anda: Mulailah dengan membuka aplikasi Facebook atau mengunjungi situs web resmi Facebook melalui peramban perangkat Anda. Masuk ke akun Anda menggunakan alamat email dan kata sandi yang Anda ingat.
  • Klik “Lupa Kata Sandi?”: Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat opsi “Lupa Kata Sandi?” di layar. Klik pada opsi ini untuk melanjutkan.
  • Kirim Kode dengan Email: Setelah Anda memilih opsi “Lupa Kata Sandi?”, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang Anda gunakan untuk mendaftar akun Facebook. Masukkan alamat email tersebut dengan tepat.
  • Menerima Pesan Email: Facebook akan mengirimkan pesan email ke alamat yang Anda masukkan. Buka kotak masuk email Anda dan cari pesan baru dari Facebook. Pesan ini akan berisi instruksi lebih lanjut serta kode verifikasi.
  • Ganti Password atau Nomor Telepon Lama: Dalam pesan email, Anda akan menemukan instruksi untuk mereset kata sandi akun Anda atau mengganti nomor telepon yang tidak aktif dengan nomor yang baru. Ikuti instruksi ini untuk mengganti informasi yang diperlukan.
  • Selesai: Setelah Anda berhasil mereset kata sandi atau mengganti nomor telepon, Anda dapat menggunakan informasi baru ini untuk masuk ke akun Facebook Anda.

Dengan menggunakan opsi “Lupa Kata Sandi?”, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali akses ke akun Facebook Anda, bahkan jika nomor telepon yang terdaftar sudah tidak aktif. Pastikan untuk selalu menjaga informasi akun Anda dengan aman dan mengikuti panduan keamanan yang disediakan oleh Facebook.

  1. Masuk dengan Perangkat yang Sering Dipakai

Metode lain untuk meminta kode konfirmasi Facebook saat nomor telepon sudah tidak aktif adalah dengan masuk menggunakan perangkat yang sering Anda gunakan. Jika akun Facebook Anda sudah tersimpan dalam perangkat tersebut, Anda dapat mengakses akun Anda tanpa memerlukan kode verifikasi melalui nomor telepon. Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya:

  • Masuk ke Akun Facebook dengan Perangkat yang Sering Dipakai: Gunakan perangkat yang sering Anda gunakan untuk mengakses akun Facebook Anda.
  • Informasi Keamanan: Saat Anda mencoba masuk, mungkin akan muncul informasi keamanan yang meminta Anda untuk memasukkan kode verifikasi melalui nomor telepon.
  • Nonaktifkan Penggunaan Nomor: Pilih opsi untuk “nonaktifkan penggunaan nomor” atau “bypass” jika Anda diberikan pilihan ini.
  • Hapus Nomor: Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menghapus nomor telepon yang tidak aktif dari akun Anda. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menghapus nomor tersebut.

Perlu dicatat bahwa metode ini hanya dapat dilakukan jika Anda belum logout dari perangkat yang sering Anda gunakan untuk mengakses akun Facebook Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengganti pengaturan akun Anda, terutama nomor telepon yang tidak aktif lagi.

  1. Menggunakan Fitur Formulir Banding

Jika Anda menemukan kendala ketika mencoba meminta kode konfirmasi Facebook karena nomor telepon yang terdaftar sudah tidak aktif atau bahkan hilang, Anda dapat menggunakan fitur “Formulir Banding” yang disediakan oleh Facebook. Dalam fitur ini, Anda dapat mengisi formulir untuk melaporkan masalah Anda kepada tim dukungan Facebook. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Login ke Akun Facebook Anda: Pertama-tama, buka aplikasi Facebook atau akses situs web Facebook melalui peramban perangkat Anda. Masuk ke akun Anda seperti biasa.
  • Pilih “Ada Masalah”: Setelah masuk ke akun Anda, cari opsi yang menyatakan “Ada Masalah” atau serupa. Klik pada opsi ini.
  • Klik “Tidak Ada Telepon”: Di halaman yang muncul selanjutnya, pilih opsi yang mengatakan “Tidak Ada Telepon”.
  • Klik “Lanjutkan”: Setelah memilih “Tidak Ada Telepon”, klik opsi “Lanjutkan”.
  • Klik “Hubungi Kami”: Anda akan diarahkan ke halaman kontak dengan tim dukungan Facebook. Klik pada opsi “Hubungi Kami” untuk melanjutkan.
  • Isi Formulir yang Muncul: Di halaman ini, Anda akan melihat formulir yang perlu Anda isi. Lengkapi formulir tersebut dengan informasi yang diminta, termasuk identitas diri Anda dan deskripsi masalah yang Anda hadapi.
  • Mengirim Identitas Diri: Facebook mungkin akan meminta Anda untuk mengirimkan salinan identitas diri seperti KTP, SIM, atau Visa sebagai bagian dari proses verifikasi.
  • Tunggu Konfirmasi: Setelah mengirimkan formulir dan identitas diri Anda, Anda perlu bersabar. Facebook akan memeriksa informasi Anda dan memberikan konfirmasi lebih lanjut melalui email atau pesan di akun Anda.

Dapatkan Kode Konfirmasi melalui Nomor Ponsel: Setelah mendapatkan persetujuan dari tim Facebook, Anda akan menerima kode konfirmasi melalui nomor ponsel yang baru Anda berikan kepada mereka.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan fitur “Formulir Banding” untuk meminta kode konfirmasi Facebook walaupun nomor telepon yang terdaftar sudah tidak aktif. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan lengkap dalam formulir tersebut untuk mempercepat proses verifikasi.

  1. Cara Meminta Kode Konfirmasi Facebook Ketika Lupa Semuanya

Tidak hanya meminta kode konfirmasi Facebook saat nomor telepon sudah tidak aktif, kadang-kadang Anda mungkin juga lupa semua informasi akun Anda, baik itu email maupun nomor ponsel. Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya:

  • Login ke Akun Facebook: Buka peramban web dan akses halaman login Facebook melalui tautan facebook.com/login/identity.
  • Masukkan Profil Akun Facebook: Pilih opsi “Belum mendapatkan kode” dan lanjutkan.
  • Klik “Tidak Memiliki Akses ke Sini Lagi”: Pilih opsi yang mengatakan “Tidak Memiliki Akses ke Sini Lagi.”
  • Masukkan Nomor Ponsel Virtual: Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel virtual yang sudah Anda buat sebelumnya. Nomor ponsel virtual adalah nomor yang Anda hubungkan dengan akun Facebook sebagai alternatif dari nomor telepon asli.
  • Tunggu Kode Konfirmasi: Facebook akan mengirimkan kode konfirmasi ke nomor ponsel virtual yang Anda berikan. Tunggu hingga Anda menerima kode tersebut.
  • Masukkan Kode Konfirmasi: Setelah menerima kode konfirmasi, masukkan kode tersebut di halaman yang sesuai pada Facebook.
  • Selesai: Sekarang Anda dapat mengakses akun Facebook Anda dan mengganti informasi yang Anda perlukan.

Perlu diingat bahwa panduan di atas bisa berhasil atau tidak, tergantung pada situasi dan informasi yang Anda miliki. Namun, mencoba langkah-langkah ini adalah upaya pertama yang dapat Anda lakukan jika Anda mengalami masalah akses ke akun Facebook Anda karena lupa semua informasi. Jangan lupa untuk selalu menjaga informasi akun Anda dengan baik agar Anda tidak kehilangan akses di masa depan.

Mengapa Verifikasi Akun Facebook Penting?

Sebelum kita melangkah lebih jauh ke dalam proses verifikasi, mari kita bahas mengapa ini penting. Verifikasi akun adalah cara bagi Facebook untuk memastikan bahwa pemilik akun adalah orang yang sebenarnya dan bukan bot atau entitas palsu. Hal ini membantu melindungi pengguna dari berbagai kegiatan berbahaya seperti penipuan, penyebaran informasi palsu, atau penyalahgunaan akun. Selain itu, proses verifikasi juga membantu membatasi akses ke berbagai fitur tertentu yang hanya tersedia bagi akun yang diverifikasi. Ini adalah cara bagi Facebook untuk memastikan bahwa pengguna dapat menggunakan platform ini dengan aman dan nyaman.

Cek juga Cara menghapus foto profil di Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *