Banner kesbanpol2 2024

Apakah Membunuh Cicak Dapat Pahala? Temukan Jawabannya Disini

waktu baca 4 menit

Apakah Membunuh Cicak Dapat Pahala? Temukan Jawabannya Disini

Dalam ajaran Islam, seringkali kita menemui berbagai anjuran dan ganjaran atas tindakan-tindakan tertentu. Salah satu permasalahan yang menarik perhatian adalah mengenai tindakan membunuh cicak. Apakah benar orang yang membunuh cicak akan mendapat ganjaran 100 kebaikan? Mari kita telaah lebih lanjut.

Anjuran Membunuh Cicak dalam Islam

Dalam hadis yang disebutkan dalam Shahih Muslim, Rasulullah Muhammad SAW pernah menyebut cicak sebagai hewan dengan julukan “penjahat kecil” sehingga dianjurkan untuk dibunuh. Hadits ini mengungkapkan sikap Nabi terhadap cicak:

“Dari Sa’id bin Abi Waqqash RA bahwa Nabi Muhammad SAW memerintahkan membunuh cicak, dan beliau menamainya si penjahat kecil.” (HR Muslim)

Selain itu, terdapat riwayat lain yang menceritakan bahwa cicak adalah hewan yang turut mengobarkan api yang membakar Nabi Ibrahim AS ketika hewan lain hendak memadamkannya. Sebagai respons terhadap peristiwa tersebut, Rasulullah menganjurkan umat Islam untuk membunuh cicak. Riwayat ini disampaikan oleh saibah maulah Al Fakih bin Al Mughirah:

“Ia (Al Fakih) menemui Aisyah RA dan melihat ada tombak tergeletak di rumahnya. Ia pun bertanya pada Aisyah, ‘Wahai Ummul mukminin, apa yang engkau lakukan dengan tombak ini?’ Aisyah menjawab, ‘Kami menggunakannya untuk membunuh cicak. Karena Rasulullah SAW memberitahu kami bahwa tatkala Ibrahim RA dilemparkan ke dalam api, semua binatang di atas bumi berusaha memadamkan kobaran api kecuali cicak. Ia justru meniup-niupkan apinya supaya berkobar semakin besar. Maka Rasulullah pun memerintahkan untuk membunuhnya.'” (HR Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam Shahih-nya)

Ganjaran 100 Kebaikan dalam Membunuh Cicak

Selain anjuran untuk membunuh cicak, muncul pula pertanyaan mengenai ganjaran yang akan diterima oleh seseorang yang melaksanakan tindakan tersebut. Dalam sebuah hadis yang diungkapkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah memberikan penjelasan mengenai ganjaran bagi mereka yang membunuh cicak:

“Barang siapa membunuh cicak dengan sekali pukulan, maka dia mendapat kebaikan sekian dan sekian. Barang siapa membunuh cicak dengan dua kali pukulan, maka dia memperoleh kebaikan sekian dan sekian, yang lebih sedikit daripada yang pertama. Jika dia membunuh cicak dengan tiga kali pukulan, maka dia memperoleh kebaikan sekian dan sekian, yang lebih sedikit daripada yang kedua.” (HR Muslim)

Penjelasan lebih lanjut mengenai angka kebaikan sebagai ganjaran jika membunuh cicak ini diterangkan dalam buku “Ringkasan Shahih Muslim” yang ditulis oleh M. Nashiruddin al-Albani. Dalam salah satu hadis dijelaskan bahwa orang yang membunuh cicak dengan sekali pukulan akan mendapatkan ganjaran 100 kebaikan. Namun, jika pukulannya lebih dari satu, ganjarannya akan lebih sedikit.

Penafsiran dan Makna Ganjaran

Penafsiran hadis mengenai ganjaran 100 kebaikan dalam membunuh cicak ini menjadi perbincangan menarik dalam literatur Islam. Imam Nawawi dalam “Syarh An Nawawi ‘ala Shahih Muslim” menguraikan bahwa perbedaan tingkatan ganjaran tersebut menunjukkan balasan Allah SWT atas kecermatan perilaku.

Meskipun ganjarannya berbeda-beda, ini tidak berarti Allah SWT mengharapkan hamba-Nya untuk melalui kesulitan dalam membunuh cicak. Lebih dari itu, Imam Nawawi menggambarkan tingkat kesulitan ini sebagai manifestasi dari keikhlasan seorang hamba dalam menjalankan tugas tersebut.

Imam Nawawi menjelaskan, “Yang dimaksudkan dari dibanyakkannya pahala dalam pukulan pertama sewaktu membunuh cicak adalah anjuran untuk berinisiatif atau bergegas membunuhnya dan anjuran untuk membunuhnya dalam sekali pukulan. Jika ingin memukulnya beberapa kali, boleh jadi cicak justru bisa kabur dan usahanya menjadi gagal (karena kehilangan fokus lantaran asal pukul saja. Wallahu’alam.”

Selain itu, dalam hadis Rasulullah juga disebutkan anjuran untuk membunuh hewan dengan baik. Anjuran tersebut juga berlaku dalam hal membunuh cicak, sehingga lebih dianjurkan untuk memukul satu kali saja.

Kesimpulannya, dalam Islam, membunuh cicak merupakan tindakan yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Selain itu, seseorang yang melaksanakan tindakan ini akan mendapatkan ganjaran berupa kebaikan, yang jumlahnya bervariasi tergantung pada jumlah pukulan yang digunakan. Penafsiran mengenai ganjaran ini mengajarkan pentingnya keikhlasan dalam menjalankan perintah agama.

Penting untuk diingat bahwa anjuran ini bukan berarti mendesak seseorang untuk mengambil tindakan tersebut, melainkan memberikan panduan bagi yang ingin melakukannya. Keputusan untuk membunuh cicak atau tidak, sebaiknya dilakukan dengan pertimbangan hati yang ikhlas dalam menjalankan perintah agama.

Baca juga: Wow! Inilah Alasan Sebenarnya Kenapa Cicak Diam Diam Merayap!

sulawesitoday - Apakah Membunuh Cicak Dapat Pahala? Temukan Jawabannya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *