Banner kesbanpol2 2024

Apakah WhatsApp Bisa Disadap? Begini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

waktu baca 8 menit
Apakah WhatsApp Bisa Disadap - Apakah Anda tahu bahwa WhatsApp, aplikasi pesan instan yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, bisa disadap?

Apakah WhatsApp Bisa Disadap – Apakah Anda tahu bahwa WhatsApp, aplikasi pesan instan yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, bisa disadap?

Apakah WhatsApp Bisa Disadap

Meskipun WhatsApp menggunakan enkripsi dari ujung ke ujung untuk melindungi isi pesan pengguna, tetapi sayangnya WhatsApp masih rentan terhadap penyadapan atau peretasan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memahami cara WhatsApp bisa disadap dan bagaimana cara mengatasinya.

Bagaimana Cara WhatsApp Disadap?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, WhatsApp menggunakan end-to-end encryption untuk melindungi isi pesan pengguna. Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa akun WhatsApp pengguna sepenuhnya aman dari penyadapan. Karena, penyadapan WhatsApp bisa terjadi ketika orang lain berhasil mendapatkan data kredensial kode OTP.

Kode OTP biasanya dikirim oleh sistem via SMS ke nomor telepon pengguna ketika hendak login akun WhatsApp. Kode OTP berfungsi untuk mengautentikasi akun sehingga pengguna bisa login ke WhatsApp. Namun, bila kode OTP itu sampai diakses oleh orang lain, maka akun WhatsApp pengguna bisa diretas, disadap, atau dikendalikan.

Terdapat beberapa kondisi yang membuat kode OTP akun WhatsApp pengguna bisa jatuh ke tangan orang lain, yaitu:

  1. Pengguna tertipu untuk membagikannya ke orang lain.
  2. Kode OTP bisa tersebar lantaran pengguna menginstal aplikasi atau mengakses tautan jahat yang dibagikan penipu.

Kedua kondisi tersebut dapat memungkinkan penipu untuk mengakses SMS di ponsel tanpa sepengetahuan pengguna, lalu mengintip kode OTP yang berada di sana dan menggunakannya untuk menyadap akun WhatsApp pengguna.

Bagaimana Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap?

Jika Anda mendapati ciri-ciri bahwa akun WhatsApp Anda telah disadap oleh orang lain, segera ambil tindakan berikut ini:

  1. Logout dari semua perangkat yang digunakan untuk mengakses akun WhatsApp Anda.
  2. Hapus semua aplikasi yang tidak dikenal dan pastikan tidak mengakses tautan atau mengunduh aplikasi yang tidak jelas sumbernya.
  3. Ganti password akun WhatsApp Anda dan pastikan password yang baru lebih kuat dan sulit ditebak.
  4. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp untuk membuat akun Anda lebih aman dan terlindungi dari peretasan atau penyadapan.

Cara Mengatasi WhatsApp Disadap dengan Mudah

Apakah Anda pernah mengalami akun WhatsApp Anda disadap? Jika ya, tentunya hal ini sangat mengganggu dan merugikan, karena selain data pribadi Anda bisa dicuri, percakapan Anda juga bisa dibaca oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun, jangan khawatir karena dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengatasi WhatsApp disadap dengan mudah dan cepat.

  1. Hapus Aplikasi Berbahaya yang Dibagikan Penipu

Jika terlanjur menginstal aplikasi jahat atau aplikasi malware dari penipu yang bisa mencuri kode OTP, segera hapus aplikasi tersebut dari ponsel Anda. Untuk menghapus, pada kebanyakan HP Android, caranya bisa melalui menu “Settings”. Kemudian buka menu “Apps”, cari aplikasi malware yang baru diinstal, dan klik opsi “Uninstall”. Setelah di-uninstall, lakukan restart pada HP Anda. Ini penting dilakukan untuk memutus akses aplikasi malware yang digunakan untuk kode OTP di ponsel.

Saat mengetahui bahwa akun WhatsApp Anda tiba-tiba logout dari ponsel, silakan untuk menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Caranya, hapus aplikasi WhatsApp, kemudian unduh dan instal kembali.

  1. Menginstal Ulang WhatsApp

Saat membuka WhatsApp, login dengan menggunakan nomor WhatsApp yang telah diretas tadi. Anda akan diminta verifikasi akun dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor tersebut.

Jika sebelumnya kode OTP itu telah digunakan oleh peretas untuk login ke akun WhatsApp Anda, kemungkinan Anda harus menunggu sekitar 12 jam agar mendapat kode OTP yang baru. Setelah memasukkan kode OTP dan berhasil login, maka akun dianggap telah pulih. Namun, apabila gagal, Anda masih bisa melakukan upaya dengan melaporkan kejadian akun WhatsApp dibajak ke alamat e-mail dukungan WhatsApp.

  1. Melaporkan ke Alamat E-mail Dukungan WhatsApp

Apabila dengan cara di atas belum berhasil, Anda bisa melaporkan langsung peretasan tersebut melalui e-mail ke alamat support@whatsapp.com, sebagaimana pernyataan WhatsApp APAC Communications Director, Sravanthi Dev pada Kamis (27/8/2020).

Anda bisa menyampaikan detail kronologi kejadian, termasuk kapan dan kemungkinan bagaimana akun diretas. Setelah itu, tim WhatsApp akan melakukan investigasi terkait laporan Anda untuk mengidentifikasi pola peretasan. Semakin cepat pengguna melapor maka proses pemulihan akun WhatsApp juga akan berjalan dengan cepat.

  1. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Agar menghindari masalah akun WhatsApp dibajak, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Verifikasi Dua Langkah. Fitur tersebut akan memberikan pengamanan ekstra saat ada orang yang mencoba login menggunakan akun WhatsApp Anda, dengan memasukkan pin tambahan yang berisi enam digit angka.

Fitur ini bisa diaktifkan via opsi “Akun” pada menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Dengan mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah, Anda akan diminta untuk memasukkan pin pengaman tambahan saat ingin login menggunakan akun WhatsApp di perangkat yang baru. Pastikan untuk mengingat pin tersebut atau menyimpannya dengan aman di tempat yang mudah diingat.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur nomor telepon atau email alternatif yang akan digunakan untuk mereset pin Verifikasi Dua Langkah jika Anda lupa. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda tidak kehilangan akses ke akun WhatsApp Anda jika lupa dengan pin pengaman tambahan tersebut.

Dengan mengaktifkan fitur Verifikasi Dua Langkah, Anda dapat lebih tenang dalam menggunakan aplikasi WhatsApp. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan perangkat Anda dengan tidak membuka tautan atau file yang mencurigakan dari sumber yang tidak diketahui.

Cara Mengecek Apakah WhatsApp Kamu Tersadap di iPhone & Android

Menggunakan aplikasi WhatsApp memang memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini bisa saja disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga akun kamu terancam keamanannya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara mengecek apakah WhatsApp kamu tersadap atau tidak. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

  1. Periksa Penggunaan Baterai Ponsel Kamu

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa penggunaan baterai ponsel kamu. Jika akun WhatsApp kamu terkena sadap, biasanya penggunaan baterai akan cepat habis. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan baterai yang cepat habis tidak selalu menjadi tanda bahwa akun kamu sedang disadap. Bisa saja kesehatan baterai kamu sedang tidak baik, atau terlalu banyaknya aplikasi yang terpasang di ponsel kamu yang menyebabkan konsumsi baterai menjadi sangat banyak. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya.

  1. Perhatikan Pesan yang Terkirim Tanpa Sepengetahuan Kamu

Tanda lain bahwa akun WhatsApp kamu mungkin sedang disadap adalah jika pesan yang ada di dalam ruang chat kamu terkirim tanpa sepengetahuan. Kamu perlu mengecek apakah pesan yang terkirim ke semua kontak kamu benar-benar kamu yang mengirimnya atau bukan. Jika pesan-pesan tersebut benar-benar kamu kirim sendiri, maka akun WhatsApp kamu aman dan tidak terkena gangguan. Namun, jika pesan terkirim dengan sendirinya, kamu perlu waspada dan mulai mencari tahu apakah WhatsApp kamu benar-benar tersadap atau tidak. Pastikan kamu menambahkan keamanan yang ada pada perangkat kamu untuk mencegah hal ini terjadi lagi di kemudian hari.

  1. Perhatikan Pesan yang Tiba-tiba Terbaca Tanpa Sepengetahuan

Selain pesan yang terkirim tanpa sepengetahuan, pesan yang tiba-tiba terbaca tanpa sepengetahuan juga bisa menjadi tanda bahwa akun WhatsApp kamu mungkin sedang tersadap. Jika pesan tersebut sudah berwarna biru, padahal kamu belum membukanya, kemungkinan besar akun kamu sedang disadap. Kamu perlu meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegah akun WhatsApp kamu dari serangan hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab.

  1. Perangkat Ponsel Sering Hang

Jika akun WhatsApp kamu tersadap, maka perangkat ponselmu mungkin akan sering mengalami hang. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi penyadap akan membutuhkan banyak sumber daya pada perangkatmu sehingga kinerjanya akan terganggu.

Namun, perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang dapat menyebabkan ponsel mengalami hang, seperti aplikasi yang terlalu banyak terbuka, memori yang penuh, atau kerusakan pada sistem operasi ponsel. Oleh karena itu, sebelum menarik kesimpulan bahwa akunmu disadap, pastikan untuk memeriksa faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan ponselmu mengalami hang.

  1. Ponsel Tiba-Tiba Panas

Selain mengalami hang, ponselmu juga bisa menjadi panas secara tiba-tiba jika akun WhatsApp-mu disadap. Hal ini disebabkan oleh adanya aplikasi penyadap yang sedang bekerja pada perangkatmu sehingga mengakibatkan panas pada perangkatmu.

Namun, perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang bisa menyebabkan ponsel menjadi panas, seperti penggunaan aplikasi yang terlalu lama, perangkat yang terlalu sering dipakai, atau kerusakan pada baterai ponsel. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan ponselmu menjadi panas sebelum menarik kesimpulan bahwa akunmu disadap.

  1. Pengaturan Aplikasi Berubah Sendiri

Jika pengaturan aplikasi pada perangkatmu berubah sendiri tanpa sepengetahuanmu, bisa jadi akun WhatsApp-mu telah disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi penyadap yang digunakan oleh orang tersebut bisa mengubah pengaturan pada aplikasi WhatsApp-mu.

Namun, perlu diingat bahwa terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan pengaturan aplikasi berubah sendiri, seperti pembaruan aplikasi, perubahan sistem operasi, atau gangguan teknis pada perangkatmu. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan pengaturan aplikasi berubah sebelum menarik kesimpulan bahwa akunmu disadap.

Cara Menghindari Akun WhatsApp Disadap

Agar akun WhatsApp-mu terhindar dari penyadapan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, pastikan untuk selalu menggunakan versi terbaru dari aplikasi WhatsApp. Versi terbaru umumnya telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang lebih baik sehingga bisa mengurangi risiko penyadapan.

Selain itu, aktifkan juga fitur keamanan yang ada pada aplikasi WhatsApp, seperti verifikasi dua langkah. Dengan fitur ini diaktifkan, akun WhatsApp-mu akan lebih sulit disadap oleh orang yang tidak berwenang. Selalu ingat untuk menjaga kerahasiaan kode verifikasi dan jangan bagikan kepada siapapun, termasuk teman atau keluarga.

Selain itu, hindari membuka tautan yang mencurigakan atau mengunduh file dari sumber yang tidak dikenal. Hal ini bisa membuka celah bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyadap akun WhatsApp-mu.

Terakhir, jangan mengirimkan informasi pribadi atau rahasia melalui aplikasi WhatsApp, terutama jika kamu tidak yakin dengan siapa kamu berbicara. Pastikan untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap potensi ancaman penyadapan.

Baca juga: Kenapa Pesawat Bisa Terbang? Ini Penjelasan Pakar

Apakah WhatsApp Bisa Disadap - Apakah Anda tahu bahwa WhatsApp, aplikasi pesan instan yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, bisa disadap?
Apakah WhatsApp Bisa Disadap – Apakah Anda tahu bahwa WhatsApp, aplikasi pesan instan yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, bisa disadap?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *