GIF-banner-2024

Api Melalap 17 Ruko di Pasar Sambas, Kerugian Capai 100 Persen

waktu baca 2 menit
Foto: Pada Senin malam, 10 Juni 2024, sebanyak 14 rumah toko (ruko) di Pasar Sambas, Kalimantan Barat, hangus terbakar akibat api yang diduga bermula dari Toko Dunia Alumunium Sambas. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB tersebut mengakibatkan kerusakan total pada seluruh ruko yang terdampak. Pemadam kebakaran, personel kepolisian, TNI, dan masyarakat setempat segera melakukan upaya pemadaman, namun penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh pihak berwenang. (Muhammad Aqil Azizi)
Home > Berita Pilihan > Api Melalap 17 Ruko di Pasar Sambas, Kerugian Capai 100 Persen

Api Melalap 17 Ruko di Pasar Sambas, Kerugian Capai 100 Persen

Kronologi Kejadian

Sulawesitoday – Sebanyak 17 rumah toko (ruko) di Pasar Sambas, Kalimantan Barat, terbakar pada Senin malam, 10 Juni 2024. Kebakaran diperkirakan bermula dari Toko Dunia Alumunium Sambas sekitar pukul 18.00 WIB.

Kepala Seksi Humas Polres Sambas, AKP Sadoko Kasih, menjelaskan bahwa warga setempat melihat kepulan asap dan mendengar suara ledakan sebelum api menjalar ke bangunan lainnya.

Kerusakan dan Tindakan Pemadaman

Kebakaran tersebut menyebabkan kerusakan total pada 14 ruko. Upaya pemadaman dilakukan oleh pemadam kebakaran, personel kepolisian, TNI, dan masyarakat setempat.

“Jumlah bangunan atau ruko yang terbakar saat ini berjumlah 14 pintu,” kata AKP Sadoko. Proses pemadaman masih berlangsung untuk memastikan api benar-benar padam dan tidak menyebar lebih lanjut.

Penyebab Kebakaran

Hingga saat ini, penyebab kebakaran belum dapat dipastikan. Pihak berwenang akan melakukan olah tempat kejadian perkara setelah api berhasil dipadamkan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran.

“Nanti kami akan menggelar olah tempat kejadian perkara untuk mengetahui penyebab kebakaran,” ujar AKP Sadoko.

Langkah-Langkah Selanjutnya

Penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan untuk menentukan penyebab kebakaran dan menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

Selain itu, bantuan dan dukungan akan diberikan kepada para korban yang kehilangan tempat usaha mereka akibat kebakaran ini. AKP Sadoko menekankan pentingnya kewaspadaan dan keselamatan dalam mencegah kebakaran.

Awal Mula Kebakaran

Pada Senin malam, 10 Juni 2024, sebanyak 17 rumah toko (ruko) di Pasar Sambas, Kalimantan Barat, dilalap api. Kebakaran diperkirakan bermula dari Toko Dunia Alumunium Sambas.

Sekitar pukul 18.00 WIB, warga melihat asap tebal dan mendengar suara ledakan yang berasal dari toko tersebut, yang kemudian menjalar ke ruko lain di sekitarnya.

Tindakan Cepat Penanganan

Segera setelah kebakaran terjadi, pemadam kebakaran, personel kepolisian, TNI, dan masyarakat setempat bergerak cepat untuk memadamkan api. Meskipun upaya pemadaman dilakukan dengan segera, 17 ruko terbakar habis.

“Kerusakan akibat kebakaran mencapai 100 persen. Saat ini masih proses pemadaman,” kata AKP Sadoko Kasih.

Investigasi Penyebab Kebakaran

Penyebab kebakaran masih belum diketahui. Penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan setelah api berhasil dipadamkan sepenuhnya. AKP Sadoko menyatakan bahwa olah tempat kejadian perkara akan digelar untuk menemukan penyebab pasti kebakaran.

“Nanti kami akan menggelar olah tempat kejadian perkara untuk mengetahui penyebab kebakaran,” ungkapnya.

Dukungan bagi Korban

Para korban kebakaran yang kehilangan tempat usaha mereka akan mendapatkan bantuan dan dukungan.

Pihak berwenang juga mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan memastikan langkah-langkah keselamatan untuk mencegah kebakaran di masa mendatang.

Penyelidikan dan tindakan pencegahan akan terus dilakukan untuk menghindari kejadian serupa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *