GIF-banner-2024

Ledakan di Turbin Mesin, KM Umsini Terbakar Saat Sandar di Pelabuhan Makassar

waktu baca 2 menit
Foto: KM Umsini milik PT Pelni terbakar saat sandar di Pelabuhan Makassar pada Minggu, 9 Juni 2024, sekitar pukul 05.00 WITA, memicu kepanikan penumpang yang berlarian menyelamatkan diri. Kebakaran yang disertai ledakan di turbin mesin ini terjadi setelah kapal berangkat dari Kupang dengan rute Larantuka-Maumere, Bau-bau, Makassar, dan Surabaya. Salah satu penumpang, Edi, menyatakan kebakaran terjadi saat kapal sudah sandar, dan meski panik, semua penumpang dalam kondisi aman. Penyebab kebakaran masih diselidiki sementara pemadam kebakaran terus berupaya memadamkan api. (Muhammad Aqil Azizi)
Home > Berita Pilihan > Ledakan di Turbin Mesin, KM Umsini Terbakar Saat Sandar di Pelabuhan Makassar

Ledakan di Turbin Mesin, KM Umsini Terbakar Saat Sandar di Pelabuhan Makassar

Kebakaran Kapal di Pelabuhan Makassar Picu Evakuasi Darurat

Sulawesitoday – KM Umsini milik PT Pelni mengalami kebakaran hebat saat sandar di Pelabuhan Makassar pada Minggu, 9 Juni 2024, sekitar pukul 05.00 WITA.

Insiden ini memicu evakuasi darurat penumpang yang panik berlarian turun dari kapal.

Rute Perjalanan KM Umsini

Salah satu penumpang, Edi, menjelaskan bahwa KM Umsini berangkat dari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan melewati rute Larantuka-Maumere, Bau-bau, Makassar, hingga Surabaya. “Kapal dari Kupang mau ke Surabaya.

Kejadiannya perkiraan jam lima pagi dan posisi sudah sandar,” ujar Edi ketika ditemui di Pelabuhan Makassar, Minggu 9 Juni 2024.

Detik-Detik Kebakaran

Warga Kenjeran, Kota Surabaya ini merasa bersyukur kebakaran terjadi saat kapal sudah sandar di Pelabuhan Makassar. Ia mengaku masih tertidur saat kejadian.

“Kejadian kebakaran itu saya masih tidur. Tiba-tiba ada suara ledakan sepertinya di turbin mesin,” ungkapnya.

Edi terbangun setelah petugas pengamanan membangunkannya karena kapal mengalami kebakaran. Menurutnya, sejumlah penumpang sempat panik saat kebakaran terjadi.

“Tiba-tiba lampu mati semua dan suasana gelap. Waktu itu belum panik, dan saya disampaikan Pak Satpam ada kebakaran,” tambahnya.

Kondisi Penumpang Saat Ini

Edi menyatakan bahwa dirinya dalam kondisi aman dan baik-baik saja. Ia menunggu informasi lanjutan tentang keberangkatan ke Surabaya.

“Alhamdulillah sehat. Puji Tuhan saya baik-baik saja,” katanya.

Penanganan dan Penyelidikan Kebakaran

Sampai saat ini, penyebab pasti kebakaran KM Umsini belum diketahui. Menurut pantauan Liputan6.com, petugas Pemadam Kebakaran, baik dengan mobil maupun kapal damkar, masih berupaya memadamkan api di lokasi kejadian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *