Surat Suara Rusak di Parigi Moutong, Ketua KPU Sebut Sudah Lapor KPU Provinsi

waktu baca 2 menit
Ketua KPU Parigi Moutong, Dirwan Korompot. Foto: Aswadin

Sulawesitoday – Proses sortir dan lipat (Sorlip) lima jenis kertas suara di gudang logistik Kabupaten Parigi Moutong telah selesai, mengungkapkan temuan kertas suara rusak.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parimo, Dirwan Korompot, menyatakan pihaknya telah mengklaim dan melaporkan kejadian ini ke KPU Provinsi Sulawesi Tengah untuk mendapatkan penggantian.

Dirwan Korompot menjelaskan bahwa Sorlip yang dimulai sejak 3 Januari 2024, menemukan kertas suara yang mengalami kerusakan.

Meskipun belum dapat memastikan jumlah kertas suara yang rusak, Dirwan memastikan bahwa kertas suara yang bermasalah telah dipisahkan selama proses Sorlip.

“Sorlip lima jenis surat suara sudah selesai,” ujar Dirwan Korompot di Parigi, Senin 15 Januari 2024.

KPU Parimo saat ini tengah melakukan tahap pengesetan dan pengepakan untuk memastikan formulir yang harus disortir.

Dirwan menekankan bahwa kertas suara yang rusak telah dipisahkan selama Sorlip, dan langkah berikutnya adalah memastikan pengesetan dan pengepakan yang melibatkan sekretariat KPU dan penyelenggara di tingkat kecamatan.

“Pengesetan dan pengepakan dilakukan dengan melibatkan sekretariat KPU dan penyelenggara di tingkat kecamatan, mereka yang lebih tahu wilayahnya untuk mengantisipasi kesalahan pada saat pendistribusian logistik Pemilu 2024,” sebut Dirwan.

Dalam konteks pendistribusian logistik menuju wilayah-wilayah terpencil, Dirwan mengungkapkan bahwa proses tersebut akan dilaksanakan tujuh hari sebelum pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Prioritas akan diberikan kepada wilayah yang terjauh, tersulit, dan terpencil guna memastikan kelancaran distribusi logistik Pemilu.

Topik terkait

Pihak KPU Parimo berkomitmen untuk memastikan bahwa permasalahan terkait kertas suara rusak dapat segera diatasi demi kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Parigi Moutong.

Baca juga: Warga kecam oknum Kepala Desa Bugis Utara diduga potong BLT DD untuk beli mobil operasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *