Banner kesbanpol2 2024

KPU: 28 Persen Pemilih Milenial di Parigi Moutong

waktu baca 2 menit
Ketua KPU Parigi Moutong, Dirwan Korompot. 28 Persen Pemilih Milenial di Parigi Moutong - Pemilu 2024 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengalami peningkatan persentase pemilih milenial yang mencapai 28 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT).

28 Persen Pemilih Milenial di Parigi Moutong – Pemilu 2024 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengalami peningkatan persentase pemilih milenial yang mencapai 28 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat bahwa pemilih milenial berusia 25-39 tahun adalah kategori pemilih dengan jumlah terbanyak, yakni 90.359 orang.

“Namun demikian, belum secara menyeluruh terjadi peningkatan partisipasi pemilih terutama di kalangan pemilih pemula generasi Z berusia 17-24 tahun,” ungkap Ketua KPU Parigi Moutong Dirwan Korompot di Parigi, Senin 10 Juli 2023.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, KPU telah melakukan berbagai upaya seperti kegiatan sosialisasi dan edukasi melalui media massa dan media sosial.

Juga memberikan pendidikan tentang pemilu kepada pengurus partai politik (Parpol) peserta pemilu dalam memberikan pendidikan tentang pemilu kepada konstituennya. Dukungan dari masyarakat dan Parpol juga menjadi kunci dalam menyukseskan pemilu serentak.

Salah satu langkah yang dilakukan untuk memastikan semua warga yang wajib memilih di Parigi Moutong dapat menyalurkan hak konstitusionalnya adalah inklusi pemilih dalam DPT.

Pemilih yang belum tercatat dapat dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) sehingga dapat merapatkan kesenjangan partisipasi pemilih.

Untuk mendukung partisipasi pemilih, penting untuk memastikan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang memadai. Terdapat total 1.360 TPS pemilu di Parigi Moutong, termasuk TPS khusus yang ditempatkan di Lapas Kelas III Parigi.

Dalam kesimpulannya, partisipasi pemilih yang tinggi dapat meningkatkan keberhasilan pemilu serentak.

“KPU dan Parpol berperan penting dalam sosialisasi pemilu dan meningkatkan partisipasi pemilih. Dukungan masyarakat dan keterlibatan aktif dalam pemilu adalah tanggung jawab bersama untuk menjadikan pemilu sukses,” tutupnya.

Baca juga: Persidangan Kasus Dugaan Tipikor Bank Sulteng Siap Dilaksanakan

28 Persen Pemilih Milenial di Parigi Moutong - Pemilu 2024 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengalami peningkatan persentase pemilih milenial yang mencapai 28 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Ketua KPU Parigi Moutong, Dirwan Korompot. 28 Persen Pemilih Milenial di Parigi Moutong – Pemilu 2024 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengalami peningkatan persentase pemilih milenial yang mencapai 28 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *