GIF-banner-2024

Kenapa kualitas video dan foto status whatsapp buruk? Ini penyebab dan cara mengatasinya

waktu baca 5 menit
Kenapa kualitas video dan foto status whatsapp buruk, Ini penyebab dan cara mengatasinyaWhatsApp adalah platform yang sangat populer dengan fitur Status, di mana pengguna dapat berbagi foto, video, atau GIF selama 24 jam. Meskipun fitur ini sangat disukai, pengguna terkadang menghadapi masalah di mana kualitas video yang diunggah menjadi menurun.

Sulawesitoday – WhatsApp adalah platform yang sangat populer dengan fitur Status, di mana pengguna dapat berbagi foto, video, atau GIF selama 24 jam.

Meskipun fitur ini sangat disukai, pengguna terkadang menghadapi masalah di mana kualitas video yang diunggah menjadi menurun.

Hal ini disebabkan oleh kompresi otomatis yang dilakukan oleh WhatsApp. Kompresi ini bisa membuat video terlihat pecah atau kurang tajam.

Namun, jangan khawatir, kami memiliki beberapa cara untuk membantu Anda meningkatkan kualitas video dan foto pada Status WhatsApp Anda.

Ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan untuk membuat video Status WhatsApp Anda menjadi HD (High Definition).

Penyebab Status WA Pecah dan Tips untuk Membuat Jernih

Status WhatsApp Anda dapat berubah menjadi buram atau pecah karena beberapa alasan, tetapi jangan khawatir, kami memiliki beberapa tips yang akan membantu Anda menjaga status Anda tetap jernih.

Pertama-tama, perlu diingat bahwa Status WhatsApp akan muncul selama 24 jam dan kemudian akan menghilang dengan sendirinya. Ini adalah fitur yang menyegarkan, tetapi kadang-kadang kita ingin membagikan foto atau video berkualitas tinggi. Namun, sayangnya, WhatsApp memiliki batasan resolusi yang mungkin lebih rendah dari yang Anda harapkan.

Resolusi maksimal yang diizinkan untuk foto atau video dalam Status WhatsApp adalah 200 KB. Ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan resolusi standar yang dihasilkan oleh ponsel Android atau iOS, yang sering kali melebihi 1 MB.

Saat WhatsApp mengompres foto atau video Anda secara otomatis, hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas, yang mengakibatkan gambar atau video terlihat pecah atau buram. Inilah mengapa Anda perlu memperhatikan ukuran file asli sebelum mengunggahnya.

Selain ukuran file, ada faktor lain yang dapat membuat Status WhatsApp Anda pecah, yaitu ukuran fisik foto itu sendiri. Jika foto yang Anda unggah terlalu besar dalam hal dimensi fisiknya, WhatsApp akan mencoba menyesuaikan ukurannya, dan inilah yang bisa menyebabkan degradasi kualitas. Oleh karena itu, disarankan untuk memperhatikan ukuran dimensi fisik foto sebelum membagikannya.

Cara meningkatkan kualitas video dan foto pada status whatsapp

Berikut ini adalah lima cara yang dapat Anda praktikkan:

  1. Dikirim ke Pengguna Lain. Bagikan video yang ingin Anda unggah ke WhatsApp Status dengan pengguna lain. Setelah itu, Anda bisa membagikan video tersebut ke Status WhatsApp tanpa kehilangan kualitasnya.
  2. Menggunakan Instagram. Berikut caranya:
  • Buka aplikasi Instagram.
  • Buat cerita di Instagram menggunakan foto atau video.
  • Berikan efek atau stiker jika diperlukan.
  • Simpan hasil cerita dan unggah ke Status WhatsApp.
  1. Menggunakan TikTok. Berikut caranya:
  • Buka aplikasi TikTok.
  • Buat video menggunakan aplikasi TikTok.
  • Berikan efek dan edit video sesuai keinginan.
  • Simpan video ke galeri dan unggah ke Status WhatsApp.
  • Menggunakan Fitur WA Langsung:
  • Gunakan fitur WhatsApp untuk membuat Status secara langsung. Ini juga dapat menghasilkan Status video dengan kualitas tinggi.
  1. Mengguanakan aplikasi pihak ketiga seperti panda video, Lit Photo dan lainnya.

Aplikasi meningkatkan kualitas video dan foto status whatsapp

Aplikasi meningkatkan kualitas video dan foto pada status whatsapp. Ini aplikasinya:

Aplikasi Panda Video

  • Buka aplikasi Panda Video.
  • Pilih video yang ingin Anda kompres.
  • Pilih opsi kompresi yang Anda inginkan, seperti ukuran 720p atau 1080p.
  • Klik “Compress” dan tunggu hingga proses selesai.

Aplikasi Lit Photo

  • Buka aplikasi Lit Photo.
  • Pilih foto yang ingin Anda unggah ke Status WhatsApp.
  • Sesuaikan pengaturan kompresi, seperti ukuran file.
  • Klik “Start Compressing” dan tunggu hingga selesai.

Aplikasi Compress Photo Puma

  • Unduh dan buka aplikasi Compress Photo Puma.
  • Pilih foto dan sesuaikan pengaturan kompresi.
  • Tunggu hingga proses kompresi selesai dan simpan perubahan.
  • Bagikan foto ke Status WhatsApp.

Dengan mengikuti metode-metode ini, Anda dapat dengan mudah meningkatkan kualitas video dan foto pada Status WhatsApp Anda. Dengan kualitas yang lebih baik, pengalaman berbagi cerita Anda akan menjadi lebih memuaskan.

Ukuran status atau story WA

Ukuran Story WhatsApp adalah salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui agar konten Anda tetap tampil dengan jelas dan menarik bagi semua pemirsa. Untuk memastikan foto dan video Anda terlihat sempurna dalam status WhatsApp, mari kita lihat ukuran resolusi yang sesuai.

Jadi, mari kita mulai dengan foto. Foto dalam story WhatsApp harus memiliki resolusi 750×1334 piksel dengan rasio 16:9. Ini adalah ukuran yang ideal untuk foto baik dalam orientasi potret maupun lanskap. Jadi, apakah Anda ingin berbagi momen yang indah atau pemandangan menakjubkan, pastikan foto Anda sesuai dengan ukuran ini agar tidak buram.

Sekarang, mari kita bahas foto dengan aspek rasio 1:1, yang biasanya Anda lihat dalam format kotak. Untuk foto dengan rasio ini, resolusi yang disarankan adalah 800×800 piksel. Dengan ukuran ini, Anda dapat memastikan bahwa foto kotak Anda tetap tajam dan jelas.

Untuk video dalam Story WhatsApp, ada beberapa opsi yang perlu Anda pertimbangkan tergantung pada aspek rasio yang Anda inginkan. Pertama, untuk video berbentuk kotak dengan rasio 1:1, Anda bisa mengunggahnya dengan resolusi maksimal 1000×1000 piksel. Video ini akan tetap tampil baik pada semua perangkat.

Sementara untuk video dalam format potret dengan rasio 16:9, Anda dapat menggunakan resolusi 750×1000 piksel. Ini cocok untuk video yang lebih tinggi daripada lebar.

Terakhir, untuk video dengan rasio 16:9 dan resolusi tertinggi, yaitu 1920×1080 piksel, ini akan memberikan kualitas terbaik, terutama jika Anda ingin berbagi video dengan detail yang tinggi dalam format potret.

Yang terbaik dari semua ini adalah bahwa resolusi-resolusi tersebut cocok untuk berbagai jenis smartphone, baik Android maupun iOS, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang perangkat yang digunakan oleh kontak Anda.

Cek juga Cara mengubah tulisan di wa tanpa atau dengan aplikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *