Banner kesbanpol2 2024

Keutamaan Membaca Al-Qur’an: Setiap Huruf Dibaca Pasti Diberi Pahala

waktu baca 4 menit
Keutamaan Membaca Al-Qur'an - Membaca Al-Qur'an bukanlah sekadar membaca sebuah buku, melainkan membaca kitab suci yang penuh dengan kebaikan. Seperti yang dipercayai oleh umat Muslim bahwa Al-Qur'an adalah pedoman hidup yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan Membaca Al-Qur’anMembaca Al-Qur’an bukanlah sekadar membaca sebuah buku, melainkan membaca kitab suci yang penuh dengan kebaikan. Seperti yang dipercayai oleh umat Muslim bahwa Al-Qur’an adalah pedoman hidup yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu, membaca Al-Qur’an setiap hari menjadi kebiasaan yang wajib dilakukan oleh setiap muslim.

Satu Huruf yang Dibaca dari Al-Qur’an Sudah Diganjar Pahala

وَعَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ “مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ حَسَنَةٌ وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا , لاَ أَقُوْلُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيْمٌ حَرْفٌ”

رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tetapi aliif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi, no. 2910. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan sahih). [HR. Tirmidzi, no. 2910. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaly mengatakan bahwa sanad hadits ini sahih].

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Dosen Fakultas Agama Islam (FAI), Sokhibul Arifin, menjelaskan bahwa membaca Al-Qur’an setiap hari memiliki keutamaan yang sangat besar menurut ajaran Rasulullah. Salah satu keutamaannya adalah bahwa hidup seseorang akan menjadi lebih berkah dan segala urusan akan dimudahkan.

Bahkan, menurut hadits dari Riwayat Abdullah Ibnu Mas‘ud, setiap satu huruf yang dibaca dari Al-Qur’an akan diberi balasan satu kebaikan. Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Selain itu, membaca Al-Qur’an setiap hari juga memiliki keutamaan dalam memberikan syafaat di akhirat. Seperti yang diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.” Oleh karena itu, membaca Al-Qur’an setiap hari adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim.

Membaca Al-Qur’an juga memiliki keutamaan lainnya, yaitu memberikan mahkota dari cahaya kepada kedua orangtua pada hari kiamat. Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW, “Siapa saja membaca Al-Qur’an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari” (HR. Hakim).

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW memerintahkan Abdullah bin Umar untuk mengkhatamkan Al-Qur’an sekali seminggu. Begitu juga sahabat nabi yang lain seperti Zaid bin Tsabit, Usman bin ‘Affan, Ubay bin Ka’ab dan Ibnu Mas’ud; telah menjadikan dzikirnya untuk mengkhatamkan Al-Qur’an pada setiap hari Jumat. Namun demikian, minimal, setiap muslim hendaknya bisa mengkhatamkan Al-Qur’an setidaknya sebulan sekali.

Dengan semua keutamaan yang dimiliki Al-Qur’an, sangatlah penting bagi setiap muslim untuk membaca, mempelajari, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Banyak manfaat yang bisa didapat dari membaca Al-Qur’an secara rutin, antara lain meningkatkan keimanan dan taqwa, membantu mengatasi kesulitan hidup, serta membuka pintu rezeki dari Allah SWT.

Sebagai seorang muslim, membaca Al-Qur’an seharusnya menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Kita bisa memulai dengan membaca beberapa ayat atau surah setiap pagi dan malam hari. Selain itu, kita juga bisa mengikuti program menghafal Al-Qur’an di tempat-tempat pengajian atau masjid.

Membaca dan menghafal Al-Qur’an juga dapat membantu kita dalam beribadah. Misalnya, saat melaksanakan shalat, kita akan lebih mudah membaca surah-surah yang dibutuhkan jika sudah menghafal Al-Qur’an. Selain itu, membaca Al-Qur’an juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian hati di tengah-tengah kesibukan dunia.

Selain membaca dan menghafal, penting juga untuk mempelajari tafsir dan makna dari setiap ayat dan surah dalam Al-Qur’an. Dengan memahami makna dari Al-Qur’an, kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga akan lebih mudah menerapkan ajaran-ajaran dalam Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya itu, mengamalkan ajaran dalam Al-Qur’an juga dapat membantu kita dalam menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan dalam hidup. Seperti yang dikatakan oleh Rasulullah SAW, “Sesungguhnya Al-Qur’an adalah obat, maka bacalah Al-Qur’an untuk dirimu sendiri dan untuk orang yang sakit di antara kalian” (HR. Muslim).

Dalam mengamalkan ajaran dalam Al-Qur’an, penting untuk melakukannya dengan ikhlas dan konsisten. Kita juga harus memperbaiki akhlak dan meningkatkan keimanan kita dalam menjalankan ajaran-ajaran dalam Al-Qur’an.

Dengan membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al-Qur’an, kita akan mendapatkan banyak manfaat dan keberkahan dari Allah SWT. Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita dan mengikuti teladan dari para sahabat nabi yang sangat rajin membaca, mempelajari, dan mengamalkan isi Al-Qur’an.

Baca juga: Mengapa Kita Merinding? Ilmuwan Temukan Jawabannya

Keutamaan Membaca Al-Qur'an - Membaca Al-Qur'an bukanlah sekadar membaca sebuah buku, melainkan membaca kitab suci yang penuh dengan kebaikan. Seperti yang dipercayai oleh umat Muslim bahwa Al-Qur'an adalah pedoman hidup yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.
Keutamaan Membaca Al-Qur’an – Membaca Al-Qur’an bukanlah sekadar membaca sebuah buku, melainkan membaca kitab suci yang penuh dengan kebaikan. Seperti yang dipercayai oleh umat Muslim bahwa Al-Qur’an adalah pedoman hidup yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *